SERUNDENG UBI SEBAGAI SALAH SATU PELUANG USAHA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA: STUDI KASUS PADA USAHA MARISA DI KOTA PADANG

-, Afifah and Suryani, Yosi (2016) SERUNDENG UBI SEBAGAI SALAH SATU PELUANG USAHA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA: STUDI KASUS PADA USAHA MARISA DI KOTA PADANG. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Unimed, 22 (3). pp. 126-130. ISSN 0852-2715| e-ISSN : 2502-7220

[img]
Preview
PDF
2309Kb

Official URL: https://www.unimed.ac.id

Abstract

Abstrak Artikel ini membahas tentang permasalahan-permasalahan yang terdapat dalam mitra binaan dan memberikan solusi bagi mitra tersebut dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Mitra yang dipilih yaitu UKM Marisa yang memproduksi serundeng ubi. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah merubah pola kerja dan proses produksi serta pembenahan aspek pemasaran yang menjadi faktor utama permasalahan dalam UKM tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan dibagi dalam dua cara. Bidang produksi dilakukan dengan mengubah cara berproduksi secara manual menjadi proses produksi menggunakan mesin, sedangkan bidang pemasaran dengan memberikan pemahaman pentingnya kemasan dan merek yang menarik untuk sebuah produk. Hasil yang diperoleh dengan adanya pengabdian pada masyarakat adalah terjadinya peningkatan kualitas produksi serundeng ubi, penggunaan kemasan produk yang sesuai dengan standar serta desain merek yang menarik dan informatif. Dengan perubahan yang terjadi, maka permasalahan yang dihadapi mitra sudah dapat teratasi dan diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian UKM Marisa. Kata kunci: serundeng ubi, pendapatan, kemasan, merek, UKM, Usaha Marisa, Kota Padang This article discusses the issues contained in the partners and provide solutions for these partners in the form of community service activities. Partners were selected namely UKM Marisa who produce serundeng potatoes. The purpose of community service is changing the work patterns and production processes as well as revamping the marketing aspect is a major factor in the problems of SMEs. The method of implementation of activities divided in two ways. Field production is done by manually changing the way production into the production process using the machine, while the marketing field by providing understanding of the importance of packaging and attractive brands for a product. The results obtained with their dedication to the community is the increase of production quality serundeng potatoes, use of product packaging in accordance with the standards and designs the brand interesting and informative. With the changes, the problems encountered can be resolved and already partners are expected to contribute to improvement economy of UKM Marisa. Keywords: serundeng ubi, income, packaging, brand, SMEs, Usaha Marisa, The City of Padang

Item Type:Article
Subjects:C Social Sciences > CB Economic Theory
Divisions:Jurusan Administrasi Niaga > Prog.Studi Administrasi Bisnis-D3 > Journal, Proceeding
ID Code:2450
Deposited By:Mr. OP Repo-1 Puskom
Deposited On:27 Apr 2018 08:39
Last Modified:27 Apr 2018 08:39

Repository Staff Only: item control page