An Investigation of Advertising on Media, Socio Economic, Gender, And Age Relationship With Obesity

Ruslin , Alhapen (2008) An Investigation of Advertising on Media, Socio Economic, Gender, And Age Relationship With Obesity. Jurnal R & B, 3 (1). pp. 1-11. ISSN 1412-5080

[img]
Preview
PDF
679Kb

Official URL: http://www.polinpdg.ac.id

Abstract

Banyak riset menyimpulkan bahwa kegiatan pemasaran khususnya iklan mempunyai pengaruh yang besar tehadap meningkatnya angka kegemukan anak-anak. Disamping itu tersedianya banyak media untuk mengkomunikasikan kegiatan pemasaran seperti televisi, internet, permainan dengan computer dan majalaj juga mendorong anak-anak untuk meningkatkan konsumsinya. Peningkatan konsumsi makanan tesebut terjadi baik karena pengaruh iklan pada media tersebut maupun kebiasaan mengkonsumsi sembari menonton. Akan tetapi terdapat juga riset lain yang membuktikan bahwa media tidak mempunyai pengaruh yang kuat tehadap peningkatan angka obesitas pada anak-anak. Tulisan ini mengkaji pengaruh penggunaan media terhadap peningkatan angka kelebihan berat badan pada anak-anak. Disamping itu, tulisan ini juga mengkaji variable lain yaitu status sosio ekonomi, jenis kelamin dan umur terhadap perilaku anak yang dapat menyebabkan peningkatan angka kegemukan. Analisis membuktikan bahwa penggunaan iklan yang besar dan umur tidak mempunyai hubungan yang kuat dengan perilaku yang mendorong anak menjadi obesitas. Sedangkan kelas sosio ekonomi dan jenis kelamin mempunyai hubungan dengan perilaku yang mendorong anak menjadi gemuk. Dengan demikian iklan bukanlah pemicu perilaku anak-anak sebagai konsumen dalam meningkatkan angka obesitas mereka.

Item Type:Article
Subjects:C Social Sciences > CC Economic History and Conditions
Divisions:Jurusan Administrasi Niaga > Prog.Studi Administrasi Bisnis-D3 > Jurnal/Karya Ilmiah
ID Code:246
Deposited By:Mr. OP Repo-4 Puskom
Deposited On:13 Oct 2016 09:05
Last Modified:08 Nov 2016 14:23

Repository Staff Only: item control page