Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pendidikan di Politeknik Negeri Padang

-, Eliyanora and Andriani, Wiwik and -, Zahara (2010) Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pendidikan di Politeknik Negeri Padang. JURNAL AKUNTANSI & MANAJEMEN, 5 (1). pp. 81-88. ISSN 1858-3687

[img]
Preview
PDF
132Kb

Official URL: http://www.polinpdg.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di Politeknik Negeri Padang (PNP), apakah ada gap antara harapan dengan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh mahasiswa. Tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh PNP sebagai instansi pemerintahan, diukur dengan mengkonversikan nilai kepuasan mahasiswa kepada standar mutu pelayanan dalam KEPMENPAN Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Index Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Penelitian ini menggunakan 5 (lima) variabel penelitian yang diberikan oleh dosen, karyawan dan fungsionaris/ struktural. Kelima variabel tersebut adalah keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), dan empati (empathy) serta asset berwujud (tangible).Variabel–variabel tersebut diuraikan menjadi butir-butir pertanyaan dalam kuisioner yang ditujukan kepada mahasiswa PNP dimana setiap pertanyaan diukur dengan skala Likert. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa kepuasan pelayanan pendidikan yang dirasakan oleh mahasiswa PNP belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Secara keseluruhan, mutu pelayanan di PNP adalah “B” dengan kinerja pelayanan “Baik”.

Item Type:Article
Subjects:C Social Sciences > CF Commerce > CF1 Accounting
Divisions:Jurusan Akuntansi > Prog.Studi Akuntansi-D3 > Jurnal/Karya Ilmiah
ID Code:366
Deposited By:Mr. OP Repo-2 Puskom
Deposited On:26 Oct 2016 08:55
Last Modified:08 Nov 2016 15:27

Repository Staff Only: item control page