Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kewirausahaan Melalui Kombinasi 5 Teknik Pembelajaran Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Padang

Wirahadi Ahmad, Afridian and Dwi Haryadi, Anda (2011) Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kewirausahaan Melalui Kombinasi 5 Teknik Pembelajaran Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Padang. JURNAL AKUNTANSI & MANAJEMEN, 6 (2). pp. 23-39. ISSN 1858-3687

[img]
Preview
PDF
68Kb

Official URL: http://www.polinpdg.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengkaji perubahan motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa dalam menggunakan 5 teknik pembelajaran dalam mata kuliah kewirausahaan di Politeknik Negeri Padang. Wirausaha merupakan jiwa yang dapat ditumbuh kembangkan dalam diri seseorang yang memiliki profesi apapun dan dapat dipelajari oleh siapapun. Selama ini metode pengajaran kewirausahaan cenderung hanya menggunakan teknik ceramah sehingga diduga hal ini menyebabkan rendahnya motivasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha. Adapun 5 (lima) teknik pengajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Teknik ceramah bervariasi (2) Teknik Permainan (3) Teknik Kerja Kelompok (4) Teknik simulasi (5) Teknik praktek lapangan. Hasil yang diperoleh apabila pembelajaran kewirausahaan disampaikan dan dilaksanakan dengan menggunakan 5 metode pembelajaran yakni (1) Teknik ceramah bervariasi (2) Teknik Permainan (3) Teknik Kerja Kelompok (4) Teknik simulasi (5) Teknik praktek lapangan terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Penggunaan kombinasi teknik ini harus memperhatikan materi yang akan disampaikan.

Item Type:Article
Subjects:C Social Sciences > CF Commerce > CF1 Accounting
Divisions:Jurusan Akuntansi > Prog.Studi Akuntansi-D3 > Jurnal/Karya Ilmiah
ID Code:432
Deposited By:Mr. OP Repo-2 Puskom
Deposited On:01 Nov 2016 07:57
Last Modified:08 Nov 2016 15:37

Repository Staff Only: item control page