Persepsi Auditor Tentang Pengaruh Locus of Control Terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Audit (Survey pada Auditor BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat)

-, Gustati (2012) Persepsi Auditor Tentang Pengaruh Locus of Control Terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Audit (Survey pada Auditor BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Barat). JURNAL AKUNTANSI & MANAJEMEN, 7 (2). pp. 46-68. ISSN 1858-3687

[img]
Preview
PDF
338Kb

Official URL: http://www.polinpdg.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan survey atas persepsi responden,dengan menggunakan teknik sensus dalam pengambilan sampel. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuisioner yang diadopsi dari beberapa peneliti terdahulu. Sampel penelitian adalah auditor BPKP yang berpredikat Pejabat Fungsional Auditor (PFA), yang berhasil dikumpulkan sebanyak 43 orang responden. Untuk memudahkan pengolahan data, peneliti menggunakan dua model regresi yaitu Simple Regression Model (SRM), dan Multiple Regression Model (MRM) yang dibantu oleh SPSS versi 19.0 for Windows dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil pengujian hipotesis adalah secara partial tidak terdapat pengaruh yang signifikan variabel Locus of Control (LOC) Internal Terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Audit. Sementara itu LOC Eksternal berpengaruh positif terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Audit. Begitu juga halnya dengan pengujian secara simultan ditemukan bahwa LOC Internal dan LOC Eksternal berpengaruh secara signifikan terhadap Penerimaan Perilaku Disfungsional Audit. Maka dapat dikatakan bahwa untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik, seorang auditor harus mempunyai kesatuan dari LOC yang baik, sehingga dapat menghindari perilaku disfungsional dalam pelaksanaan audit.

Item Type:Article
Subjects:C Social Sciences > CF Commerce > CF1 Accounting
Divisions:Jurusan Akuntansi > Prog.Studi Akuntansi-D3 > Jurnal/Karya Ilmiah
ID Code:459
Deposited By:Mr. OP Repo-2 Puskom
Deposited On:03 Nov 2016 07:59
Last Modified:08 Nov 2016 15:39

Repository Staff Only: item control page