PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN KONVENSIONAL

Islami, Syaiful and Yondri, Surfa (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN KONVENSIONAL. National Conference of Applied Engineering, Business and Information Technology, Politeknik Negeri Padang . pp. 414-421. ISSN 2541-111x

[img]
Preview
PDF
1298Kb

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 dan X TITL 2 program keahlian Teknik Instalasi Tenaga listrik SMK N 2 Payakumbuh dengan jumlah keseluruhan siswa 59 orang, dimana X TITL 1 merupakan kelas eksperimen dan X TITL 2 merupakan kelas kontrol. Penentuan kelas ini dilakukan secara acak dari kelas yang sudah ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana rata-rata nilai dari kelas eksperimen adalah 72,73, sedangkan pada kelas kontrol mempunyai rata-rata 61,8.

Item Type:Article
Subjects:G Technology > GI Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
D Education > D Education (General)
Divisions:Luar PNP > Journal, Proceeding
ID Code:639
Deposited By:Rahmat Hidayat
Deposited On:16 Oct 2017 13:38
Last Modified:25 Oct 2017 10:11

Repository Staff Only: item control page