STRATEGI MARKETING PEMBENTUKAN CITRA MELALUI DIVERSIFIKASI DAN DESAIN PRODUK UKM FESYEN

Fatimah, - and Y. Matekohi, Elisabeth (2016) STRATEGI MARKETING PEMBENTUKAN CITRA MELALUI DIVERSIFIKASI DAN DESAIN PRODUK UKM FESYEN. National Conference of Applied Engineering, Business and Information Technology, Politeknik Negeri Padang . pp. 129-134. ISSN 2541-111x

[img]
Preview
PDF
749Kb

Abstract

Satu dari sekian permasalahan yang dihadapi oleh UKM fesyen adalah rendahnya persepsi konsumen perempuan terhadap produk ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran yang dapat membentuk citra positif produk UKM fesyen kota Depok. Strategi yang dimaksud menggunakan analisis SWOT dengan matriks IFAS (Internal strategic Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Strategic Factor Analysis Summary). Penelitian dilakukan di kota Depok dengan jumlah anggota sampel sebanyak 50 UKM fesyen yang terdiri dari usaha mikro dan kecil, dan teknik samplingnya menggunakan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive dan convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor dari faktor internal sebesar 2,78 sedangkan total skor dari faktor eksternal sebesar 3,40. Maka strategi yang disarankan berada pada kwadran ke I, yaitu Growth Oriented Strategy yang berarti bahwa UKM fesyen di kota Depok berada pada posisi yang mantap dan prima. UKM fesyen kota Depok memiliki peluang dan kekuatan yang memungkinkan untuk melakukan berbagai terobosan pemasaran agar mendapatkan citra yang positif dikalangan pengguna fesyen, tidak hanya di pasar lokal tapi juga dapat menjual ke pasar yang lebih luas.

Item Type:Article
Subjects:C Social Sciences > CL Communities. Classes. Races
C Social Sciences > CF Commerce > CF1 Accounting
Divisions:Luar PNP > Journal, Proceeding
ID Code:668
Deposited By:Rahmat Hidayat
Deposited On:18 Oct 2017 20:56
Last Modified:25 Oct 2017 10:09

Repository Staff Only: item control page